Langkah-Langkah Pembelajaran Behavioristik

Secara umum, langkah-lagkah pembelajaran yang berpijak pada teori behavioristik yang dikemukakan oleh Siciati dan Prasetya Irawan (2001) dapat digunakan dalam merancang pembelajaran.  Langkah-langkah tersebut melliputi :
  1.  Menentukan tujuan-tujuan pembelajaran.
  2. Menganalisis lingkungan kelas yang ada saat ini termasuk mengidentifikasi pengetahuan awal (entry behavior) siswa.
  3. Menentukan materi pelajaran.
  4. Memecah materi pelajaran menjadi bagian kecil-kecil, meliputi pokok bahasan, sub pokok bahasan, topik, dsb.
  5. Menyajikan materi pelajaran.
  6. Memberikan stimulus, dapat berupa : pertanyaan baik lisan maupun tertulis, tes/kuis, latihan, atau tugas-tugas.
  7. Mengamati dan mengkaji respons yang diberikan siswa.
  8. Memberikan penguatan/reinforcement (mungkin penguatan positif ataupun penguatan negatif), ataupun hukuman.
  9. Memberikan stimulus baru.
  10. Mengamati dan mengkaji respons yang diberikan siswa.
  11. Memberikan penguatan lanjutan atau hukuman.
  12. Demikianseterusnya.
  13. Evaluasi hasil belajar.
Postingan ini adalah bagian dari bahasan yang berjudul : "Aplikasi Teori Behavioristik dalam Kegiatan Pembelajaran".

Pustaka : DR. C. Asri Budiningsih, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Rinika Cipta, Yogyakarta. Hal. 29-30

Post a Comment

0 Comments